Selasa, 28 Agustus 2012

TUGAS TERSTRUKTUR (TT) & KMTT

Pada posting saya kali ini, saya ingin berbagi perangkat pembelajaran yang mungkin beberapa teman Guru PENJASORKES banyak yang belum begitu tahu bagaimana atau apa yang dimaksud dengan TT dan KMTT, nah, saya punya program TT dan KMTT yang mungkin mendekati benar, tapi bila ada teman guru yang memiliki TT dan KMTT yang lebih baik dan benar bisa kirim postingannya ke Blog saya ini. namun bagi teman-teman guru yang belum punya dan ingin tahu bisa download link di bawah ini :
1. TT & KMTT Kelas IX SMP
2. TT & KMTT Kelas VIII SMP

KBM Permainan FUTSAL saat Game Putri










Kamis, 23 Agustus 2012

RPP Kls IX SMP Semester Ganjil

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
Buat rekan-rekan GURU PENJASORKES yang membutuhkan RPP permainan FUTSAL semester Ganjil 2012/2013 bisa download DISINI
Ada juga bermacam-macam RPP silahkan download
1. BOLA VOLI
2. JUMP ROOP/LOMPAT TALI
3. LOMPAT JAUH
4. PENJELAJAHAN / PEND. LUAR SEKOLAH
5. SENAM IRAMA
yang membutuhkan perangkat lainnya, seperti PEMETAAN, SILABUS, Silahkan kirim email di loez99@gmail.com

Jumat, 10 Agustus 2012

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT




MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT

A. Microsoft Powerpoint 2000

Microsoft Powerpoint 2000 adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah Microsoft Office. Keuntungan terbesar dari program ini adalah tidak perlunya pembelian piranti lunak karena sudah berada di dalam Microsoft Office. Jadi pada waktu penginstalan program Microsoft Office dengan sendirinya program ini akan terinstal. Hal ini akan mengurangi beban hambatan pengembangan pembelajaran dengan komputer seperti dikemukakan oleh Lee.
Keuntungan lain dari program ini adalah sederhananya tampilan ikon-ikon. Ikon-ikon pembuatan presentasi kurang lebih sama dengan ikon-ikon Microsoft Word yang sudah dikenal oleh kebanyakan pemakai komputer. Pemakai tidak harus mempelajari bahasa pemrograman. Dengan ikon yang dikenal dan pengoprasian tanpa bahasa program maka hambatan lain dari pembelajaran dengan komputer dapat dikurangi yaitu hanbatan pengetahuan tehnis dan teori. Pengajar atau ahli bahasa dapat membuat sebuah program pembelajaran bahasa tanpa harus belajar bahasa komputer terlebih dahulu.
Meskipun program aplikasi ini sebenarnya merupakan program untuk membuat presentasi namun fasilitas yang ada dapat dipergunakan untuk membuat program pembelajaran bahasa. Program yang dihasilkanpun akan cukup menarik. Keuntungan lainnya adalah bahwa program ini bisa disambungkan ke jaringan internet.
1. Memasukkan Teks, Gambar, Suara dan Video
Fasilitas yang penting dari program apliokasi ini adalah fasilitas untuk menampilkan teks. Dengan fasilitas ini pembuat program bisa menampilkan berbagai teks untuk berbagai keperluan misalnya untuk pembelajaran menulis, membaca atau pembelajaran yang lain.
Cara memasukan teks ke dalam program aplikasi ini cukuip sederhana. Sesudah pemakai menghidupkan komputer dan masuk program Power point 2000 dan sesudah memilih jenis tampilan layar maka pemakai dapat menekan menu insert sesudah itu akan muncul berbagai pilihan. Salah satu pilihan itu adalah insert textbox. Tekan menu ini dan akan muncul kotak teks di dalam tampilan presentasi. Langkah berikutnya adalah mengkopi teks yang ingin dimasukkan dan kemudian menempelkannya (paste) pada kotak yang tersedia. Apabila tidak ingin mengkopi bisa juga menulis langsung dalan kotak teks yang sudah tersedia.
Untuk memasukan gambar langkahnyapun sama dengan cara memasukkan teks. Pertama tekan menu insert sesudah itu pilih menu insert picture. Sesudah menu ini dipilih akan muncul dua pilihan from file ... dan from clip art... Apabila pemrogram ingin memasukkan gambar dari file maka tekan pilihan pertama dan apabila ingin memakai gambar dari clip art yang sudah ada di komputer maka tekan pilihan yang kedua.
Suara dan video merupakan dua fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Powerpoint 2000 yang sangat mendukung pemrograman pembelajaran bahasa. Untuk memasukkan video tekan menu insert dan selanjutnya tekan menu movies and sounds. Maka akan muncul dua pilihan untuk masing-masing. Untuk suara (sounds) akan muncul sounds from file dan sounds from Gallery demikian pula untuk movies akan muncul pilihan Movies from file atau Movies from Gallery. Pemrogram tinggal memilih jenis file yang akan dimasukkan.
2. Membuat tampilan menarik
Tampilan yang manarik akan meningkatkan minat dan motivasi pembelajar untuk menjalankan program. Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk membuat tampilan menarik. Fasilitas yang pertama adalah background. Background akan memperindah tampilan program. Ada beberapa jenis background yang ditawarkan, yang pertama adalah dengan memberi warna, yang kedua dengan memberi tekstur dan yang ketiga adalah memasang gambar dari file sendiri.
Langkah pemasangan background adalah dengan menekan menu format dan kemudian menekan menu background. Sesudah itu akan muncul pilihan background fill, more color dan fill effects. Apabila pemrogram ingin memilih warna yang sudah ada maka tekan apply, apabila ingin memilih warna sendiri tekan more color, pilih warna dan tekan apply, dan apabila ingin memberi tekstur atau gambar sendiri maka tekan fill effects, pilih tekstur atau gambar dan tekan apply.
Fasilitas lain yang akan membuat tampilan lebih menarik adalah fasilitas animasi. Dengan fasilitas ini gambar-gambar dan teks akan muncul ke layar dengan cara tampil yang bervariasi. Fasilitas animasi ini memungkinkan gambar atau objek lain tampil dari arah yang berbeda atau dengan cara yang berbeda. Objek bisa melayang dari atas, bawah, kanan, kiri, atau dari sudut. Objek juga bisa muncul dari tengah atau dari pinggir. Dengan sedikit kreatifitas fasilitas ini bisa menghasilkan language games yang menarik.
Pembuatan animasi dimulai dengan memilih objek yang akan dibuat animasi dengan cara mengklik objek itu. Sesudah itu pilih menu Slide Show dan kemudian memilih menu Custom Animation. Sesudah menekan menu itu akan muncul berbagai pilihan diantaranya order and timing untuk mengatur urutan dan waktu tampil ke layar dan juga pilihan effects untuk mengatur efek yang diinginkan.
3. Membuat Hyperlink
Fasilitas ini sangat penting dan sangat mendukung pembelajaran bahasa karena dengan hyperlink program bisa terhubung ke program lain atau ke jaringan internet. Hyperlink atau hubungan dalam satu program akan memungkinkan programer memberikan umpan balik secara langsung terhadap proses pembelajaran. Hubungan dengan program lain akan memperkaya fasilitas yang mendukung pembelajaran dan hubungan dengan internet akan membuka berbagai kemungkinan pembelajaran yang lebih luas, pribadi dan otentik.
Langkah pembuatan hyuperlink adalah dengan memilih objek yang akan kita link ke program lain atau internet. Sesudah kita memilih objek kita mengklik menu insert dan kemudian mengklik menu hyperlink maka akan muncul dialog box dan kemudian kita menuliskan alamat yang dituju misalnya sebuah file atau sebuah situs web dan kemudian mengklik OK maka objek itu akan tersambung ke alamat yang ditulis. Cara yang kedua adalah melalui menu slide show dan kemudian menekan action settings, sesudah itu akan muncul dialog box. Dengan mengisikan alamat dan mengklik OK maka objek akan tersambung ke alamat yang diinginkan.
Fasilitas-fasilitas diatas adalah fasilitas utama dalam pengembangan materi pembelajaran bahasa dengan Microsoft Powerpoint 2000. Fasilitas yang lain adalah fasilitas tambahan untuk membuat tampilan program lebih menarik dan mudah digunakan.

A. Mengembangkan Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa dengan Microsoft Powerpoint 2000

Pengembangan materi pembelajaran khususnya mendengarkan dan membaca dapat dikembangkan secara mudah dengan program ini. Materi pembelajaran bahasa yang dihasilkan oleh program aplikasi inipun cukup menarik, khususnya materi pembelajaran yang berupa permainan.
1. Membaca
Fasilitas menampilkan teks dalam program aplikasi ini memungkinkan pembuatan materi pembelajaran ketrampilan membaca dengan mudah. Pembuat program bisa memasukan teks dalam slide pertama, kemudian memasukan latihan dlam slide kedua dan umpan balik latihan dalam slide berikutnya. Untuk memperindah tampilan teks-teks bacaan juga bisa dilengkapi dengan berbagai gambar. Apabila pembuat ingin memberikan materi pembelajaran yang lebih otentik maka bisa diberikan satu alamat situs web. Pembelajar akan membaca teks di situs itu kemudian kembali ke program dan mengerjakan latihan yang ada dan kemudian melihat slide umpan balik.
2. Mendengarkan
Dengan adanya fasilitas memasukkan suara dan video maka pembelajaran ketrampilan mendengarkan mempunyai lebih banyak pilihan variasi. Pemrogram bisa membuat bahan pembelajaran dengan video ataupun audio. Seperti halnya pada membaca materi pembelajaran, latihan-latihan dan umpan balik dapat diberikan di slide-slide yang berbeda. Fasilitas hyperlink yang memungkinkan program dihubungkan dengan jaringan internet akan memperkaya penyediaan bahan pembelajaran.
3. Menulis dan Berbicara
Keterbatasan program aplikasi ini adalah pada umpan balik yang berupa tulisan. Program ini tidak mempunyai fasilitas yang memungkinkan pembelajar memberikan umpan balik dalam bentuk tulisan atau suara. Namun demikian keterbatasan program dalam menyediakan fasilitas untuk umpan balik suara ini bisa diatasi dengan strategi pembelajaran gabungan, yaitu menggabungkan pembelajaran mandiri dan berpasangan. Sesudah menjalankan program komputer pembelajar diberi tugas untuk berinteraksi dengan pembelajar yang lain.
Sedangkan untuk mengatasi keterbatasan dalam memberika umpan balik berupa tulisan dapat diatasi dengan mempergunakan fasilitas hyperlink. Pada waktu ada tugas menulis pembelajar dihubungan dengan program yang mempunyai fasilitas menulis seperti Microsoft Word misalnya.

A. Membuat Permainan

Fasilitas-fasilitas yang ada diatas juga sangat mendukung pengembangan bahan pembelajaran yang berupa permainan. Permainan yang ketrampilan yang menyerupai hangman atau mine sweep dapat dikembangkan dengan program aplikasi ini demikian pula permainan yang mengandalkan kecepatan.
Tiap-tiap permainan yang dibuat tentu saja harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Permainan penyapu ranjau (mine sweep) misalnya dapat dipakai untuk memfasilitasi pembelajaran kosa kata, sistem verba bahasa Indonesia atau pembelajaran kata depan.

B. Keterbatasan Program

Selain keunggulan yang telah dikemukakan program aplikasi ini mempunyai beberapa keterbatasan. Keterbatasan utamanya ialah pembelajar tidak bisa berinteraksi langsung untuk menuliskan komentar ataupun menjawab pertanyaan yang ada. Fasilitas yang ada hanya memfasilitasi tanggapan dalam bentuk pilihan. Namun dengan keterbatasan ini program ini tetap menawarkan fasilitas yang cukup untuk membuat sebuah program pembelajaran bahasa dengan mudah dengan hasil yang menarik. selamat mencoba.

Sumber : Ouda Teda EnaILCIC (Indonesian Language and Culture Intensive Course)
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

MEMORY KARYA WISATA DI JOGJAKARTA















PROPOSAL PTK PENJAS


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pembelajaran pendidikan jasmani di SMP menuntut guru untuk kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam menyampaikan materi, untuk itu perlu adanya pendekatan, variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran, karena sesuai dengan karakteristik usia mereka yang cenderung masih suka bermain.
Disamping guru harus memahami dan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa, pada masa usia tersebut seluruh aspek perkembangan anak baik itu kognitif, psikomotorik dan afektif mengalami perubahan. Dari perubahan-perubahan tersebut, perubahan yang paling menonjol adalah pada pertumbuhan dan perkembangan fisik serta  psikologis.
Pembelajaran pendidikan jasmani di SMP saat ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,  dengan alokasi 2 jam tatap muka @ 40 menit. Waktu 2 X 40 menit pada kenyataan di lapangan tidaklah sesuai dengan yang direncanakan (80 menit), mengingat persiapan anak di awal pertemuan 5 – 10  menit dan pada akhir pertemuan 10 menit untuk persiapan pelajaran pada jam berikutnya, praktis waktu efektif yang terpakai 60 – 65  menit,  maka dengan waktu yang sedikit itu perlu perencanaan pembelajaran yang benar-benar baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Salah satu kompetensi dasar pembelajaran pendidikan jasmani kelas 9 di SMP adalah mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan , dan bersedia berbagi tempat dan peralatan. Permainan bola besar meliputi Bola Basket, Sepak Bola, Bola Voli, Sepak Takraw, Futsal dll. Dalam permainan Bola Basket lanjutan yang di ajarkan dikelas 9 diantaranya terdapat teknik memasukkan bola dengan berlari yang dikenal dengan istilah “Lay Up Shoot” yang sebagian besar anak meskipun tidak semuanya, merasa kesulitan dalam melakukan gerakan teknik tersebut, ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan pada kelas 9A SMP Negeri 1 Ngraho.
Melihat permasalahan yang ada, maka perlu segera dicarikan solusinya. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengoptimalkan metode pembelajaran yang ada agar tujuan yang telah direncanakan dari pembelajaran ini dapat tercapai dengan hasil yang maksimal. Karena diantara anak kelas 9A ada yang bisa melakukan teknik tersebut, maka perlu dicoba untuk memanfaatkan siswa tersebut dengan menggunakan Metode Tutorial Teman Sebaya, hal ini mungkin dapat berhasil dan waktu yang digunakan lebih efektif.
Berdasarkan uraian di atas maka dipandang perlu untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengambil judul “Penggunaan Metode Tutorial Teman Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 9A  dalam Melakukan Gerakan Lay Up Shoot pada Permainan Bola Basket di SMP Negeri 1 Ngraho  
B.     Rumusan Masalah
1.    Apakah penggunaan metode tutorial teman sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 9A  dalam melakukan gerakan Lay Up Shoot pada permainan Bola Basket di SMP Negeri 1 Ngraho”  
C.    Tujuan Penlitian
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah :
1.      Untuk meningkatan kemampuan gerakan Lay Up Shoot pada permainan Bola Basket melalui penggunaan metode tutorial teman sebaya pada siswa kelas 9A SMP Negeri 1 Ngraho
D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yaitu :
1.      Guru
Untuk meningkatkan kualitas mengajar dan mencoba menerapkan model pembelajaran sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran
2.      Siswa
Dengan banyaknya Metode pembelajaran mereka mendapatkan banyak variasi dalam pembelajaran. Selain itu siswa dapat belajar sambil bermain
3.      Sekolah
Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi sekolah untuk mengembangkan met
ode pembelajaran.
4.      Praktikan/peneliti
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian-penelitian yang sejenis.
E.     Hipotesis Tindakan
Dalam melakukan Lay Up Shoot pada pembelajaran bola basket di kelas 9A masih belum diperoleh hasil yang maksimal, sebenarnya telah banyak upaya yang dilakukan oleh guru penjaskes untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun usaha itu belum menunjukan hasil yang optimal. Rentang nilai siswa yang bisa dengan siswa yang tidak bisa terlalu mencolok. Untuk itu perlu diupayakan pula agar rentang nilai antar siswa tersebut tidak terlalu jauh yaitu dengan memanfaatkan siswa yang pandai untuk menularkan kemampuannya pada siswa lain yang kemampuannya lebih rendah. Tentu saja guru yang menjadi perancang model pembelajaran harus mengubah bentuk pembelajaran yang lain. Dari beberapa metode pembelajaran yang mungkin tepat yaitu menggunakan metode tutorial teman sebaya, dari beberapa pendapat ahli “metode belajar yang baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain”.
Maka dapatlah ditarik satu Hipotesa : “Jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode tutorial teman sebaya, maka kemampuan Lay Up Shoot siswa kelas 9 A di SMP Negeri 1 Ngraho Meningkat”.
F.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah :
        1.          Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah kemampuan gerakan Lay Up Shoot siswa kelas 9A
        2.          Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas 9A
        3.          Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negari 1 Ngraho kecamatan Ngraho kabupaten Bojonegoro.
        4.          Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2011/2012
        5.          Penelitian ini di batasi pada kompetensi dasar Mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan , dan bersedia berbagi tempat dan peralatan
G.    Definisi Operasional
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut :
        1.     Metode tutorial teman sebaya adalah adalah suatu cara mengajar dimana seorang siswa pandai membantu belajar siswa lainnya dalam tingkat kelas yang sama
        2.     Kemampuan adalah kecakapan atau potensi menguasai suatu keahlian yang merupakan bawaan sejak lahir atau merupakan hasil latihan atau praktek dan digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang diwujudkan melalui tindakannya. 

Bila teman-teman ingin Proposal yang lengkap, silahkan kirimkan email ke loez99@gmail.com

RPP BOLA BASKET SMP

Bulan Juli 2012 kemarin, merupakan awal Tahun pelajaran Baru, tentunya teman-teman Guru Penjas disibukkan dengan membuat perangkat pembelajaran, akan tetapi buat sebagian teman merasa malas karena banyaknya pekerjaan yang bertumpuk, mulai tugas sekolah, rumah. Tahun pelajaran baru ini bagi yang mempunyai putra yang akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi tentunya akan menyita banyak waktu dan pikiran, berikut ini penulis mencoba untuk membuat RPP Bola Basket yang dapat anda download DISINI semoga bermanfaat.
Contoh :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                  : SMP Negeri 1 Ngraho
Mata pelajaran             : Penjas Orkes
Kelas/Semester            : IX / 1 (satu)
Standart Kompetensi   : 1Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar       : 1.1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar  salah satu                                                   permainan dan OR beregu  bola besar lanjutan dng koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,  keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
                                            
Alokasi Waktu            : 2x 40 menit ( 1 kali pertemuan)

  1. Tujuan pembelajaran             :
-          Siswa dapat melakukan gerakan tehnik dasar menggiring
-          Siswa dapat melakukan gerakan Lay Up Shoot
-          Siswa dapat melakukan kombinasi gerakan menggiring dengan Lay Up Shoot
-          Siswa dapat bekerja sama dengan baik

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

  1. Materi Pembelajaran :
       Permainan bola basket

  1. Metode Pembelajaran            :
-          Ceramah
-          Demontrasi
-          Penugasan
-          Tutorial teman sebaya

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

a.Pendahuluan / motivasi dan apersepsi (10 menit)
-          Berbaris, berdoa, presensi dan pemanasan dengan model permainan
-          Membagi siswa dalam kelompok, masing-masing kelompok  5 – 6 anak secara heterogen, dalam tiap kelompok terdapat siswa yang sudah bisa untuk menjadi tutor teman sebaya
-          Memberi motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran

b.Kegiatan Inti (60 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru dibantu oleh siswa yang sudah bisa :
  1.    Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring, dan-lay -up shoot dengan  koordinasin yang   baik secara kelompok disertai dengan kedisiplinan serta ketekunan,
  2.       Mengamati siswa dalam melakukan kegiatan yang dibimbing oleh tutor teman sebaya

§ Elaborasi
  1. Siswa melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring, dan lay-up shoot dengan  koordinasi yang baik
  2. F  Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menggiring, dan lay-up shoot dengan  koordinasi yang baik
  3. F  Bermain dengan peraturan yang di modifikasi, Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumb
  3. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Kamis, 09 Agustus 2012

PERMAINAN BOLA VOLI TEHNIK PERTAHANAN DAN PENYERANGAN

Kepada Rekan-rekan Guru PENJASORKES SMP atau SMA, saya memiliki Power Point untuk pembelajaran Permainan Bola Voli kelas 9 SMP tp juga bisa digunakan di SMA, bila rekan-rekan berminat silahkan klik DISINI semoga bermanfaat

Add caption